Rabu, 19 Maret 2014

#1 RESUME BAHASA INDONESIA

Salah satu aspek mengenai kebudayaan perilaku individu adalah Bahasa. Bahasa sendiri mempunyai makna sebuah alat komunikasi yang dapat mengekspresikan perasaan dan pikiran. Mampu mewakili keinginan, harapan, bahkan impian dari seseorang.

Bahasa Indonesia sendiri merupakan perkembangan dari bahasa Melayu yang kemudian mendapat serapan-serapan kata dari bahasa daerah ataupun bahasa asing yang tentunya melalui proses penyeleksian atas dasar unsur fenotis/fonologis dan morfologis.

Dapat kita lihat bahwa berbahasa Indonesia yang baik dan benar adalah yang menerapkan sebuah kaidah dalam berbahasa. Kaidah bagaimana kita membedakan dengan siapa kita berbicara ataupun kata apa yang akan kita gunakan dalam berbahasa, karena pada dasarnya berbahasa itu menunjukkan bagaimana tabiat seseorang serta tingkat kesopanannya.

Dari yang terlihat, bahasa sekarang sudah mulai mengalami pergeseran dalam keeksistensiannya. Bahasa terkalahkan oleh sebuah “kegengsian”. Makin modern, bahasa dinilai makin terlupakan oleh orang-orang yang seharusnya melestarikannya.

“Apakah kita Putra Putri Bangsa Sang Penerus Garuda dapat memperbaikinya?”


@aapangestu, 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar